06 November 2010

Tugas 5

1. Sebutkan perbedaan dari manajemen dan organisasi!
Manajemen adalah tindakan membuat orang secara bersama-sama untuk mencapai maksud dan tujuan yang diinginkan secara efisien dan efektif. Manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, mempekerjakan, memimpin atau mengarahkan, dan mengendalikan sebuah organisasi (satu kelompok atau lebih dari orang atau entitas) atau usaha dari maksud untuk mencapai tujuan. Sumber daya meliputi penyebaran dan manipulasi sumber daya manusia, sumber daya keuangan, sumber daya teknologi, dan sumber daya alam.
Karena organisasi dapat dipandang sebagai sistem, manajemen juga dapat didefinisikan sebagai tindakan manusia, termasuk desain, untuk memfasilitasi produksi hasil berguna dari sistem. Pandangan ini membuka kesempatan untuk 'mengelola' diri, sebuah prasyarat untuk mencoba mengelola orang lain.
Manajemen juga dapat merujuk kepada individu atau orang yang melakukan tindakan manajemen.


Sedangkan organisasi adalah suatu pengaturan sosial yang mengejar tujuan-tujuan kolektif, mengontrol kinerjanya sendiri, dan memiliki batas yang memisahkan dari lingkungannya. Kata organisasi itu sendiri berasal dari kata Yunani Organon, yang berasal dari kata ergon yang lebih terkenal. Ada berbagai jenis organisasi hukum, di antaranya: perusahaan, pemerintah, organisasi non-pemerintah, organisasi internasional, angkatan bersenjata, organisasi sosial, organisasi nirlaba, kemitraan, koperasi, dan universitas. Sebuah organisasi hibrid adalah badan yang beroperasi baik di sektor publik dan sektor swasta, secara bersamaan memenuhi tugas publik dan mengembangkan kegiatan pasar komersial. Akibatnya, organisasi hibrida menjadi campuran antara sebuah organisasi pemerintah dan sebuah organisasi atau perusahaan.

Jadi, organisasi adalah badan atau tubuh tempat di mana entitas manajemen melakukan aktivitasnya.

2. Mengapa manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap aktivitas kita? jelaskan!
Manajemen yang baik sangat dibutuhkan jika kita ingin sukses. Drucker (1967) menganggap sebuah manajemen yang efektif sebagai satu keunggulan besar yang sebuah perusahaan miliki terhadap kompetitor-kompetitornya.
"Dalam ekonomi yang kompetitif, di atas semuanya, kualitas dan performa dari manajer menentukan kesuksesan dari sebuah bisnis, dan mereka juga yang menentukan kelangsungan hidupnya. Kualitas dan performa dari para manajernya adalah satu-satunya keunggulan efektif yang sebuah perusahaan dalam ekonomi kompetitif dapat punyai."
Manajemen yang efektif dapat merubah sebuah individu yang tidak efisien dan buruk menjadi lebih sukses, tapi kebalikannya juga dapat terjadi. Seorang manajer bagi dirinya sendiri yang tidak berdampak apa-apa dapat merusak dirinya dengan membiarkan dirinya menjadi stagnan, lebih senang bergantung pada pencapaian masa lalu daripada mencari tantangan-tantangan baru.

3. Apa yang dimaksud dengan manajer yang efisien dan manajer yang efektif?
Manajer yang efisien adalah manajer yang memproses segala hal dengan cepat. Mengerjakan hal-hal yang harus dikerjakan dengan cepat, dan, dalam tugas apapun yang diberikan, dapat menyingkirkan hal-hal yang membuang-buang waktu.
Manajer yang efektif adalah manajer yang memilih untuk mengerjakan hal-hal yang tepat. Menyingkirkan aktivitas-aktivitas yang membuang-buang waktu atau "pekerjaan tidak penting" dari harinya.

4. Apa yang dimaksud dengan prinsip koordinasi itu? dan mengapa prinsip tersebut diperlukan?
Prinsip koordinasi adalah prinsip yang memperhatikan bagaimana entitas-entitas otonom bekerja sama menuju hasil bersama.
Prinsip koordinasi diperlukan karena jika tidak ada koordinasi di dalam sebuah organisasi atau perusahaan, maka tujuan perusahaan yang telah dicanangkan tidak akan dapat tercapai dikarenakan entitas-entitas yang terdapat dalam organisasi atau perusahaan tidak dapat bekerja sama.

5. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam dirimu!
Melalui Keingintahuan: Jika ada sesuatu yang menarik karena disajikan kepada kita, kita mungkin lebih bersedia untuk mengerjakan pekerjaan yang perlu dilakukan. Melalui kerja tersebut, minat kita akan terpuaskan karena kita belajar lebih banyak saat kita mengerjakan tugas yang berbeda.

Melalui Tantangan: Di tempat kerja, atau dengan sesuatu yang pribadi, jika ada tujuan yang berharga yang dapat dicapai melalui kerja, maka kita mungkin lebih tertarik menyelesaikan pekerjaan yang dibutuhkan. Untuk membantu dengan kebermaknaan tujuan, tugas untuk menuju ke sana harus ada peningkatan dalam kesulitan sementara tidak terlalu jauh dari jangkauan mereka.


Melalui Kontrol: Banyak orang memiliki kebutuhan untuk merasa mengendalikan apa yang terjadi dalam hidup mereka. Jika kita disajikan dengan suatu sebab dan pengaruh di mana sebuah tugas dihargai dengan tujuan tertentu, maka ini adalah cara bagi kita untuk termotivasi.


Melalui Kompetisi: Ada kepuasan datang ketika kita membandingkan diri dengan yang lain dan melihat bahwa kita melakukan hal-hal lebih baik dalam beberapa aspek. Ini adalah cara yang baik untuk memotivasi beberapa orang sekaligus karena kita bersaing dengan satu sama lain. Ada orang, walaupun, yang tidak termotivasi melalui kompetisi dan benar-benar dapat menurunkan motivasi kita dalam prosesnya.


Melalui Pengakuan: Setelah pekerjaan suatu individu dikenali, ini membujuk kita untuk berbuat lebih banyak. Karya kita harus dapat diakui tanpa dibandingkan dengan pekerjaan orang lain dan dapat menerima hadiahnya sendiri.