13 April 2013

Panduan Menghindari Cewe Manipulatif di Dunia Maya

(Disadur dan ditambah serta dikurangi seenaknya dari "The Ultimate 4chan Guide to Avoiding Evil Women, First Edition")

Kata Pengantar:
Panduan ini adalah hasil dari pengalaman seumur hidup dan kurangnya saluran untuk membagikannya. Tapi sekarang gue membagikannya buat lo. Ini bukan panduan buat ngedapetin cewe, tapi panduan tentang bagaimana menghindarinya.

Ada dua metode utama untuk mempelajari informasi penting tentang cewe. Yang pertama adalah melalui pengamatan dari penampilan fisik dan gaya berbusana. Yang kedua adalah melalui analisis dari pernyataan-pernyataannya terutama yang kita jumpai pada social media, dan kebiasaan-kebiasaan sosialnya. Keduanya adalah alat yang amat sangat berguna untuk secara cepat memilah apakah cewe ini akan menyakiti lo atau membantu lo. Dalam panduan ini gue bakal ngasih kriteria-kriteria yang sangat spesifik yang dapat digunakan untuk mencoret seorang cewe dari daftar gebetan lo dengan penjelasan terinci untuk ngebantu lo memahami kenapa gue ngebuat penentuan umum ini dengan pede. Panduan ini membahas dua jenis pengamatan ini secara terpisah.

Kalo lo cuma pengen check-in dan ngamar dengan cewe dan lo gak berpendapat kalo karakter dalam pasangan lo atau dalam diri lo sendiri penting, maka gak usah baca lebih jauh lagi. Kalo lo cewe, lo mungkin gak mau baca artikel ini. Kami mengungkap fakta pahit tentang kaum wanita. Kami dapat menyimpulkan secara ilmiah bahwa jenis kelamin yang memiliki proporsi lebih tinggi untuk cheaters dan pembelot hubungan adalah wanita. Menurut data dari situs dating online okcupid, 5% laki-laki tidak tahu bahwa matahari lebih besar dari bumi, sedangkan 10% dari wanita menjawab salah untuk pertanyaan yang sama.

Gangguan Kepribadian:
Ada tiga gangguan kepribadian utama yang cewe gak bener punyai. Narcissistic Personality Disorder, Borderline Personality Disorder, dan Histrionic Personality Disorder. Semua cewe punya beberapa gejala dari masing-masing gangguan kepribadian tersebut, tapi ketika kondisi ini memengaruhi kepribadian mereka dalam jumlah yang substansial, itulah saatnya lo memastikan untuk menghindari mereka. Ini cara gimana lo dapat mengidentifikasi gangguan-gangguan kepribadian ini: Cewe Narcissistic akan selalu nyoba untuk meniru minat lo. Mereka akan berpura-pura tertarik pada hal-hal yang lo sukai, dan mereka akan merasa tersinggung jika kita mengungkapkannya. Mereka lebih baik dari siapapun pada hal apapun dan gak ada yang pernah jadi salah dia. Kalo lo yang pertama kali ninggalin mereka, mereka gak akan peduli, yang mana membedakan mereka dari cewe Borderline dan Histrionic. Yang selanjutnya adalah Borderline. Cewe Borderline bakal punya banyak temen cowo, dan mereka semuanya difriendzonein. Dia bakal punya seorang mantan pacar yang dia gunakan sebagai contoh dari apa yang dia inginkan dari seorang cowo, tapi dia akan bilang ke lo bahwa hubungan mereka berakhir karena si cowo terlalu mengekang. Pada awalnya, dia akan membuat lo merasa seperti raja dunia, tapi kemudian dia akan mulai secara bertahap mengurangi waktu berbicara dan ketemuan dengan lo. Kalo lo bukan pacarnya dari awal, lo gak akan pernah jadi, dan tentunya jangan, untuk kebaikan diri lo sendiri. Tipe terakhir adalah Histrionic. Histrionic adalah cewe suka cari-perhatian yang juga suka mengelilingi dirinya dengan teman-teman cowo, tapi lebih seringnya mereka sendirian. Mereka kebanyakan cewe rumahan atau hidup mereka kacau karena suatu sebab, dan mereka sering menggambarkan dirinya sebagai seorang yang naif. Kenaifan ini yang mereka gunakan untuk mendapatkan kepercayaan lo. Hati mereka sebenarnya ekstrovert dan akan nyambung dengan orang lain jika diberikan kesempatan. Dari ketiga tipe kepribadian ini, Histrionic memiliki peluang yang paling besar untuk tetap bersama lo sepanjang waktu, selama lo gak pernah bilang kalo lo cinta dia, dan lo tetap dingin dan terlepas dari dia. Detik di saat lo memiliki ketertarikan sama dia, itulah saat semuanya berakhir. Semua tipe kepribadian ini harus dihindari dengan segala daya upaya karena ADA cewe-cewe di luar sana yang tidak memiliki gangguan-gangguan kepribadian ini.

Analisis dari Informasi yang Diberikan:

Melihat dari banyak profil di social media, gue sangat positif bahwa kebohongan yang paling sering dan umum muncul dari semua kebohongan adalah:

- "Gue orangnya pemalu, tapi gue bawel dan rame kalo lo udah kenal gue."

Mungkin di satu dari tiga profil di social media terdapat kalimat ini dengan berbagai variannya. Apa yang kalimat ini dapat sampaikan ke kita tentang cewe yang menyatakannya? Pertama, ini menunjukkan bahwa mereka bukanlah pemalu sama sekali. Maksud dari dia bilang kalo dia pemalu adalah untuk berpura-pura kalo mereka rendah hati, sedangkan dalam realita dia tidaklah rendah hati. Dia merasa dia bisa membenarkan ketidakrendahhatian dia melalui gerak-gerik pemalunya. Hampir semua cewe itu estetis, hal ini akan kita bahas lebih lanjut nanti. Ini berarti, untuk mereka, penampilan luar adalah realitas. Mereka tak dapat melakukan apapun selain membuat pengamatan dangkal pada penampilan di permukaan. Banyak cowo juga dilanda dengan ketidakmampuan untuk melihat melewati permukaan, inilah kenapa banyak cowo terjerat dengan cewe cantik. Tapi, sebagai pria kita dirancang secara unik untuk melihat melewati sandiwara dan kepalsuan dan membuat keputusan walau diberikan--atau bahkan karena--kebohongan.

Pilihan Karier:

Yang paling penting diamati adalah pernyataan tentang pilihan karir. Keberadaan dari SEGALA pilihan karir (yang dikejar dengan ngotot dan penuh semangat oleh si cewe) cenderung akan menciptakan pemisah antara lo dan pasangan lo. Cewe yang kuliah atau bekerja dalam bidang pilihan mereka seringkali mengutamakan pekerjaan atau kuliah dibandingkan dengan hubungan mereka. JANGAN pacaran dengan cewe yang menghabiskan lebih dari batas minimal waktu untuk membicarakan tentang karier mereka. Kuncinya adalah seberapa penting kuliah dan/atau pekerjaan bagi mereka. Ini mungkin bertentangan dengan intuisi umum dengan memperlakukan ambisi sebagai suatu hal yang negatif, terutama karena uang dibutuhkan untuk hidup. Kebanyakan orang baik pria maupun wanita berpendapat bahwa etos kerja adalah hal yang patut dihargai dan dipuji, tapi udah itu aja. Cewe yang bekerja menggunakan pekerjaan mereka sebagai alasan untuk selingkuh, pendapatan mereka sebagai metode untuk mengebiri pria, dan so-called "kerja keras" mereka sebagai pembenaran untuk perasaan kesombongan dan sok penting mereka yang tidak berdasar. Beri perhatian khusus untuk menghindari cewe dengan pekerjaan berikut ini:

DOKTER
PENGACARA
POLISI
PEKERJA SOSIAL/AKTIVIS LSM
DOSEN
FASHION DESIGNER
AKTRIS
ARTIS (MUSIKAL ATAU VISUAL)

Masih banyak lagi pilihan karir yang dapat ditaruh dalam daftar ini yang tak dapat diterima, tapi pekerjaan-pekerjaan di atas adalah yang utama.

Penggunaan Obat-Obatan Terlarang dan Rokok:
Cewe baik-baik peduli dengan apa yang masuk ke dalam tubuh mereka, dan itulah kenapa lo gak akan menemukan cewe baik-baik yang perokok dan ngobat. Ini termasuk ganja, dan juga obat-obatan psikotropika. Penggunaan dari obat-obatan bagaikan menyatakan kalo "Gue gak peduli kalo gue merusak badan gue, gue cuma pengen merasa senang". Jika seseorang berkeinginan untuk memendekkan umur mereka 15-20 tahun hanya untuk merasa senang, percaya sama gue, kalo lo jatoh dalam jeratan mereka, mereka bakal mencampakkan lo kayak ingus.

MANIPULASI:
Ini gue ketik dengan huruf bold karena ini di mana 99% cowo terjerat dengan cewe yang sebenarnya mereka tak seharusnya terjerat. Bagian ini akan membahas berbagai macam manipulasi yang cewe gunakan BAHKAN SEBELUM NGOBROL DENGAN LO, yang mereka cantumkan dalam profil social media mereka.

CEWE PSEUDO-WORDLY:

Cewe Pseudo-Worldly adalah cewe yang secara aktif mengikuti hal-hal yang membedakan cowo dengan cewe, seperti kesukaan mereka pada tim olahraga, film, dan musik, dan harus MEMALSUKAN kesukaannya pada hal tersebut untuk tetap berada dalam kepalsuan ini. Cara paling mudah untuk menentukan apakah seorang cewe manipulatif atau tidak adalah dengan melihat likes atau bio mereka di social media. Berikut adalah contoh kasus nyata yang terlihat dari suatu profil yang gue buka saat gue menulis ini:

"Suka musik jazz/jazz-lover"

Kebanyakan dari pernyataan ini adalah bullshit. Jika kita tilik lebih jauh, perbendaharaan musik jazz cewe "jazz-lover" ini mentok pada Maliq & The Essentials dan Michael Buble. Cewe ini berpikiran bahwa musik jazz adalah musik yang berselera tinggi dan berkelas. Cewe ini adalah pengambil jalan pintas dalam rombongan para social climbers. Untuk memperkuat citra kalo dia "berselera tinggi" dan "berkelas", maka dia mencantumkan band-band dan musisi pop mainstream yang pokoknya asal beraliran jazz. Tak akan mungkin cewe ini mendengarkan Louis Armstrong, Fats Waller, atau Ella Fitzgerald.

Contoh #2 dari Kesukaan Asosiatif (yang ini lebih sering terlihat):

"I'm a big fan of FC Barcelona/Madridista/#ViscaBarca/#HalaMadrid"

Kebanyakan cowo suka sepakbola, dan menjadi fans fanatik dari suatu klub sepakbola tertentu. Cewe-cewe telah mempelajari hal ini, sehingga mereka memalsukan kesukaan mereka pada klub sepakbola yang sama. Ini dapat berarti mereka memang benar-benar tertarik, atau ini dapat berarti mereka memalsukannya. Kebanyakan cewe fans bola ini suka suatu klub bola karena faktor kegantengan pemainnya atau hanyalah glory hunter. Mereka memiliki jenis kepribadian cheerleader. Mereka mungkin seorang cheerleader, atau biasanya, terlalu takut atau merasa tak pantas menjadi cheerleader, walau mereka ingin sekali menjadi cheerleader. Entah bagaimana, mereka terangsang dengan barbarisme, pertikaian antar-kelompok, dan pertarungan hingga mati. Ini adalah cewe yang sama yang tertarik dengan cowo-cowo berseragam, tapi selingkuh ketika pasangannya yang bertugas di militer sedang ditempatkan di luar daerah. Dalam kedangkalan cewe-cewe yang mana mereka tak dapat terbebas dari padanya, cewe ini berpikir dia dapat memanipulasi lo dengan membuat yang tampak oleh cowo yang ceroboh dan gegabah seperti hal yang dapat menjadi faktor yang "menghubungkan" lo dan dia. Dalam kenyatannya, ini adalah sebuah fraud.

 "SUKA MASAK/I WILL COOK FOR YOU":

Ini adalah jenis manipulasi lainnya yang umum terjadi. Segala varian dari pernyataan "suka masak" adalah pertanda pasti kalo cewe ini mencoba untuk memanipulasi lo. Dia tau kalo cowo suka makan, dan bahwa jalan tercepat menuju hati seorang pria adalah melalui perutnya. Dia pengen lo untuk mengasosiasikan makanan favorit lo dengan dirinya, bukannya dengan mempertimbangkan hal tersebut secara terpisah. Dia berharap kalo lo ngajak dia kencan, dan dalam kencan tersebut lo makan makanan favorit lo. Dengan cara ini, lo mengasosiasikan makanan favorit lo dengan dia. Jika hubungan kalian tidak berjalan dengan baik, dia tau kalo makanan favorit lo gak akan berasa enak lagi karena lo juga akan mengasosiasikan pengalaman buruk ini dengan makanan, menyebabkan lo harus memilih antara kehilangan makanan favorit lo, atau meninggalkan cewe manipulatif ini.

"SUKA BACA/I LOVE TO READ":

 Pernah terpikir kenapa cewe bisa baca keseluruhan buku dalam jangka waktu yang singkat daripada lo? Karena dia melewatkan detail-detail dari buku tersebut dan hanya membaca bab-bab penting. Dia hanya membaca kejadian-kejadian penting saja dan gak punya waktu untuk merenungkan makna yang mendalam dari detail. Ini yang akan terjadi pada hubungan kalian kalo lo ngedate dengan cewe ini. Kebanyakan cewe yang suka baca akan membaca buku-buku cheesy karangan J.K. Rowling, Stephenie Meyer, atau Dewi "Dee" Lestari.

"I AM A PHOTOGRAPHER/PHOTO PROFILE SEDANG MEMEGANG KAMERA SLR":

Semua cewe dengan Borderline Personality Disorder mengklaim dirinya sebagai seorang fotografer. Dengan fotografi digital, hampir tidak mungkin membuat kesalahan mengambil gambar. Ini adalah sebuah passion yang mencerminkan baik bahwa dia anak papi yang dimanja, dan keinginannya untuk lepas dari pengawasan dengan mengawasi orang lain. Cewe dengan kepribadian tipe ini sangat observan, dan akan menggunakan pengamatannya tentang lo untuk menyerang lo.

"I DON'T RESPOND TO MY MESSAGES":

Lo gak akan pernah punya hubungan yang sukses dengan cewe yang berpikir boleh-boleh aja untuk bersikap kasar dan gak sopan ke orang, bahkan jika itu adalah orang yang dia gak punya ketertarikan terhadapnya. Selalu lakukan penghormatan terhadap orang lain dengan merespon pesan, bahkan jika itu adalah respon yang negatif. Hampir semua cowo mengerti ini, tapi setengah dari cewe enggak, mungkin karena mereka percaya kalo merespon dengan "pilih-pilih" akan membuat mereka tidak tampak seperti seorang PSK, atau murni karena ketidakpedulian mereka.

"TEMAN-TEMAN/GENG CEWE":

 Jika seorang cewe mempunyai banyak teman wanita, mempunyai "geng cewe", atau bahkan punya satu temen cewe yang deket banget, ini dapat digunakan sebagai indikator dari pembelotan. Pada saat kita kecil, kita mempunyai teman untuk bermain bersama dan sebagainya, tetapi dalam hal ini berbeda. Ini tentang apakah si cewe bersosialisasi atau tidak. Sosialisasi menciptakan peluang untuk pembelotan. Cewe seringkali bertemu dengan cowo selingkuhannya melalui teman cewe mereka. Hilangkan faktor teman cewe dan lo udah menghilangkan sebagian besar risiko dalam hubungan lo. Tentu saja lo gak bisa pacaran dengan cewe yang punya "geng cewe" dan berharap kalo dia menjauhi gengnya tersebut, jadi gue merekomendasikan enggak pacaran dengan cewe yang punya "geng cewe" SEDARI AWAL.

"Pengguna Produk Apple":

Tak dapat dipungkiri lagi kalau Apple telah menginfiltrasi pasar dengan gencar hingga enggak fair kalo kita enggak masukkan kategori cewe-cewe yang mempunyai produk-produk dari Apple. Kiranya, jika seorang cewe mencantumkan pernyataan seperti "I LOVE MY IPOD" atau "OMG I LOVE MY MACBOOK" itu adalah pertanda pasti untuk lo menjauhi cewe hipster yang sangat edgy tersebut.

"Preferensi Binatang Peliharaan":

Seperti yang kita tahu, dalam hal preferensi binatang peliharaan, ada orang tipe anjing dan ada orang tipe kucing. Terdapat hal yang tidak nyambung antara orang tipe anjing dan orang tipe kucing. Tidak ada peluang bagi orang tipe anjing dan orang tipe kucing untuk sepakat. Jadi, selidikilah lebih dahulu preferensi binatang peliharaan dari cewe tersebut.

"Gamers Girl":

Bagi beberapa orang hal ini adalah hal yang membuat celana mereka basah, tapi cewe gamer adalah manipulator ekstrim tingkat tinggi. Cewe, dapat menikmati bermain games, tetapi tidak dapat mengapresiasi dan mengerti tentang komputer. Ini hanyalah jenis manipulasi lainnya di mana mereka berpikir kalo maen game itu adalah sesuatu yang "cowo banget" dan mereka menirunya untuk memanipulasi lo. Seringkali cewe kayak gini punya Borderline Personality Disorder, dan mereka harus selalu dihindari.

"Cewe Rumahan":

Tipe cewe rumahan yang sederhana mungkin nyangkut di hati lo, tapi lo secara pasti gak akan mau pacaran dengan cewe yang menyebut dirinya sendiri "cewe rumahan". Ini karena kata ini adalah kata negatif yang digunakan pada tingkat tertentu, bahkan jika itu dilakukan secara bawah sadar, untuk merepresentasikan gaya hidup mereka yang terisolasi secara sosial. Dia INGIN keluar dan dipermainkan cowo, dia INGIN mempermainkan cowo, tetapi dia tau kalo dia gak bisa melakukan hal tersebut walau dia kepengen, jadi dia menekan keinginan tersebut. Jadi kalo dia menggunakan kata-kata "cewe rumahan" ini, lo tau kalo itu cuma bullshit dan dia harus segera dihindari.

PENGAMATAN FISIK:

Pengamatan Fisik:
Ini termasuk observasi terhadap jaringan teman-temannya. Hal pertama yang akan gue bahas adalah ukuran dari jaringan pertemanan, dan terkait dengan Facebook, tentang seberapa banyak foto dan teman yang cewe tersebut punyai. Aturan pertama untuk diingat, Facebook adalah magnet untuk cewe gak bener, dan jika lo mengalikan jumlah temen si cewe dengan jumlah fotonya, dan hasilnya adalah lebih besar dari 250, tidak ada kemungkinan cewe tersebut akan setia sama lo.

Apa yang bisa lo dapet dari pengamatan fisik cukup banyak. Gak sebanyak dari yang bisa lo dapetin dari analisis pernyataan, tapi tetep cukup banyak. Inilah kenapa sangat penting bagi lo untuk tidak berurusan dengan cewe yang tidak memberikan foto diri mereka di profil social media-nya. Karena mudah sekali untuk memberikan foto palsu, dan buruknya, banyak cewe yang melakukannya.

Pemilihan Screen Name:
Screen name seseorang adalah cara utama bagi lo untuk menentukan apakah mereka kandidat potensial atau tidak. Jika suatu screen name dicemari dengan tulisan huruf GeDe-KeCiL, memakai 4ngk4, atau karakter-karakter seperti garis bawah atau tanda seru, ini semua adalah tanda dari kealayan, dan cewe kayak gini harus dihindari.

Warna Rambut/Gaya Rambut:
Perhatikan bahwa ada perbedaan antara warna rambut asli dan buatan serta potongan konservatif seperti cewe pada umumnya dengan potongan rambut yang aneh dan nyeleneh, pelajari perbedaan tersebut dan tetapkan pilihan pada warna/gaya rambut yang standar.

Aksesoris, Anting, Tato, dan Pakaian:
Untuk sederhananya, cewek baik-baik gak akan memberikan penekanan pada bagaimana penampilan mereka, apa yang mereka pakai, harganya berapa, dan siapa yang melihatnya. Berikut ini adalah item-item BLACKLIST, yang kalo lo liat ada pada cewe, segeralah lari menghindar:

ANTING HOOP
KALUNG BERUKURAN MASIF
TINDIK DI TEMPAT SELAIN CUPING TELINGA
SEGALA JENIS TATO
SEPATU ETNIK/HIPPIE
MAKE-UP NON-KONSERVATIF
KACAMATA HIPSTER BERFRAME TEBAL
KACAMATA HITAM BESAR YANG DIPAKAI HANYA SEBAGAI FASHION STATEMENT
KAOS GARIS-GARIS
CELANA KETAT BERWARNA GONJRENG

Masih banyak hal-hal yang cewe pakai yang dapat menjadi pertanda lampu merah untuk tidak melangkah lebih jauh, ini hanyalah contoh-contoh yang utama.

Gaya/Jumlah dari Foto:
Jika seorang cewe mempunyai banyak foto, atau fotonya ada yang diberi efek sephia atau hitam putih, atau dengan suatu cara diberi efek-efek tertentu, maka ini jelas mengindikasikan bahwa mereka manipulatif dan tidak dapat dipercaya.

Pose Foto:
Ini adalah kelemahan terbesar bagi cowo. Kebanyakan cewe akan berpose dengan maksud untuk mendapatkan perhatian. Mereka akan melakukan hal-hal seperti menjulurkan lidah mereka, untuk memberikan lo sebuah pesan subliminal. Mereka akan mengambil foto dari sudut atas untuk mendapatkan perhatian lo atau untuk meningkatkan penampilan mereka. Jika lo melihat cewe yang berpose untuk mendapatkan perhatian lo, maka lo harus berbuat sebaliknya dengan mengacuhkannya.

Foto Close-Up dengan Tangan Laki-Laki di Pundak:
Kita semua pernah melihat foto kayak gini. Biasanya si cewe akan mengklaim kalau itu adalah tangan saudaranya, atau bapaknya, atau hanya teman dekat. Tangan siapapun itu, ini mengindikasikan kalo dia naif dan tidak menyadari implikasi dari penggunaan foto semacam itu pada social media. Keberadaan dari tangan laki-laki mengindikasikan kalo dia A.) Gak mempermasalahkan siapa aja yang boleh megang-megang dia, atau B.) Punya anggota keluarga yang protektif, dan dalam pikirannya dia ingin menunjukkan kalo dia kayak putri berharga dari suatu desa yang akan dilindungi dan dibela oleh kepala suku.

DUCKFACE:
Mungkin lo bertanya, "Seperti apakah duckface itu?" Ini dia duckface:
Sudah mengerti? Bagus. Dan juga gue harus memperingatkan juga kalo pose senyum kayak orang nahan Buang Air Besar adalah hal yang harus lo hindari.

Catatan Kesimpulan:
Mungkin ada setidaknya beberapa hal yang gue gak bahas di sini, tapi gue percaya bahwa yang paling penting buat lo pelajari adalah kemampuan untuk membaca seseorang menggunakan sesedikit mungkin informasi yang ada, dan tanpa mempercayai apa yang orang tersebut katakan. Kalo lo percaya seseorang udah melakukan suatu kesalahan, maka lo seharusnya tidak pernah menggunakan mereka sebagai sumber untuk investigasi lo. Sekarang kita punya alat yang luar biasa untuk kita gunakan untuk mencari orang dengan tipe yang tepat untuk berhubungan. Jangan biarkan gadis yang salah membuang-buang waktu lo.
"It is better to have incompetent but loyal huns than competent but disloyal ones." -Attila The Hun

No comments: