21 October 2011

Kelangkaan Barang dan Jasa dan Bagaimana Ilmu Ekonomi Mengelolanya

Tugas Mata Kuliah Teori Ekonomi 1 - Bapak Dr. Prihantoro

Kelangkaan adalah masalah dasar ekonomi di mana manusia yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang tak terbatas di dunia yang memiliki keterbatasan sumber daya. Dinyatakan bahwa masyarakat memiliki sumber daya produktif yang tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan manusia. Dengan kata lain, kelangkaan menyiratkan bahwa tidak semua tujuan masyarakat dapat dipenuhi dalam waktu yang sama; trade-off dibuat untuk sebuah barang dengan barang yang lainnya.

Barang dan jasa yang langka disebut barang ekonomi. Barang lainnya disebut barang bebas jika mereka diinginkan tetapi keberadaan mereka amat melimpah sehingga menjadikan mereka tidak langka, seperti misalnya udara dan air laut.

Ilmu Ekonomi mempelajari bagaimana masyarakat melakukan alokasi dari sumber-sumber daya ini -- dan juga bagaimana masyarakat seringkali gagal untuk mendapatkan optimalitas sehingga menjadi tidak efisien. Jelasnya, kelangkaan adalah keinginan tak terbatas kita terbentur dengan terbatasnya sumber daya.

Kelangkaan dikelola dengan membuat pilihan mengenai nilai sehingga tiap individu dapat saling menukarkan sumber daya dalam sistem perdagangan. Dalam kondisi ideal, sistem harga akan menyesuaikan, sehingga menjaga keseimbangan penawaran dan permintaan.