22 October 2011

Tugas 3 (Circular Flow)

Tugas Mata Kuliah Teori Ekonomi 1 - Bapak Dr. Prihantoro





Model circular flow ini menjelaskan operasi dari ekonomi dan hubungan antara sektor-sektor utama dalam ekonomi. Model ini didasari dari pembagian ekonomi menjadi lima sektor. Sebuah sektor dapat didefinisikan sebagai bagian dari ekonomi di mana sebagai pihak yang terlibat dalam kegiatan ekonomi yang berjenis sama.

1. Masyarakat
2. Produsen
3. Bank
4. Pemerintah
5. Perdagangan Internasional

Masyarakat
-Sektor ini terdiri dari semua individu dalam ekonomi.
-Individu-individu ini adalah pemilik dari sumber daya produktif, dan konsumen dalam ekonomi.
-Masyarakat menyediakan faktor-faktor produksi (input) seperti tenaga kerja dan kewirausahaan kepada produsen, yang kemudian mereka gunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Sebagai imbalan dari menyediakan sumber daya seperti tenaga kerja dan kewirausahaan kepada produsen, masyarakat menerima pendapatan -- sewa, upah, bunga, dan profit.

Produsen
-Sektor ini terdiri dari semua perusahaan yang terlibat dalam produksi dan distribusi dari barang dan jasa.
-Segala aktivitas mereka terkait dengan membeli faktor-faktor produksi dan menggunakannya untuk memproduksi dan menjual barang dan jasa.
-Masyarakat dan produsen saling membutuhkan.

Bank
-Sektor ini terdiri dari semua institusi yang terlibat dalam meminjamkan uang, berperan sebagai perantara antara mereka yang menabung, dan peminjam dari uang.
-Bank dibutuhkan oleh masyarakat dan perusahaan untuk menangani tabungan dan investasi. Mereka melakukan fungsi mobilisasi tabungan ke investasi.
-Tabungan: leakage; Investasi: injection.

Pemerintah
-Terlibat dalam pemenuhan kebutuhan kolektif.
-Mendapatkan sumber dayanya untuk melakukan ini dengan mengenakan pajak kepada sektor-sektor lainnya dari ekonomi.
-Menggunakan pendapatan pajak ini untuk menangani berbagai pengeluaran pemerintah.

Terdapat dua penggunaan pendapatan yang tidak digunakan langsung untuk pembelian barang dan jasa. Mereka adalah net taxes, yang mengalir ke pemerintah daripada ke pasar produk, dan tabungan, yang mengalir ke bank daripada ke pasar produk. Dua penggunaan dana ini disebut leakages dari circular flow. Karena tabungan didefinisikan sebagai pendapatan apapun yang disisakan setelah rumah tangga membeli barang dan jasa dan membayar pajak netto, konsumsi ditambah dua leakages selalu menghasilkan pendapatan domestik.

Kedua, terdapat dua macam pengeluaran, yang dinamakan investasi dan belanja pemerintah, yang mana tidak datang langsung dari rumah tangga. Ini disebut injections ke dalam circular flow. Karena investasi termasuk investasi persediaan yang tidak direncanakan, total pengeluaran yang direalisasikan -- konsumsi ditambah injections -- selalu sama dengan pendapatan domestik.

Salah satu cara di mana pemerintah dapat mempengaruhi circular flow adalah melalui belanja barang dan jasa. Dimulai dari keadaan ekuilibrium, pengurangan dalam belanja pemerintah akan mengarah kepada penumpukan persediaan yang tidak direncanakan oleh perusahaan yang pemerintah secara tak terkira berhenti membelinya. Dengan demikian, volume dari circular flow akan jatuh dalam bentuk riil dan nominal.

Pajak memberi pemerintah cara kedua dari mengontrol circular flow. Jika tingkat pajak meningkat, rumah tangga akan mempunyai pendapatan setelah pajak yang lebih kecil untuk membeli barang konsumsi. Ini pun akan mengurangi permintaan agregat dan menyebabkan penumpukan persediaan yang tidak direncanakan. Sebagai respon, perusahaan akan mengurangi output, harga, atau keduanya, sehingga mengurangi volume circular flow.

Pemerintah mempunyai cara ketiga, secara tidak langsung untuk mengatur volume dari circular flow, dengan pengaruhnya terhadap jumlah uang beredar. Bank Sentral dapat mengambil tindakan yang dapat mempengaruhi jumlah uang beredar dalam ekonomi. Tindakan Bank Sentral mengatur uang yang beredar dalam ekonomi mempunyai dampak tidak langsung, termasuk dampak pada tingkat suku bunga dan pasar uang. Jika kebijakan moneter memudahkan ketersediaan pinjaman dan menurunkan tingkat suku bunga, perusahaan akan didorong untuk meningkatkan tingkat pengeluaran investasi mereka. Ini akan menyebabkan circular flow berkembang.