04 November 2011

Pergeseran Kurva Penawaran

Kita ambil contoh barang dalam hal ini adalah pensil. Kurva penawaran menunjukkan seberapa banyak produsen pensil menawarkan barang dagangannya dalam suatu harga tertentu. Faktor-faktor selain harga yang mempengaruhi keputusan produsen untuk menjual seberapa banyak dianggap tetap. Hubungan ini dapat berubah seiring waktu, yang direpresentasikan oleh pergeseran dari kurva penawaran. Contoh, misalkan harga kayu jatuh. Karena kayu adalah bahan baku dari pensil, maka kejatuhan harga kayu membuat menjual pensil menjadi lebih menguntungkan. Ini meningkatkan penawaran pensil: Pada suatu harga yang terjadi, penjual kini lebih ingin memproduksi dalam jumlah yang lebih banyak. Sehingga, kurva penawaran bergeser ke kanan.


Gambar di atas mengilustrasikan pergeseran dari penawaran. Setiap perubahan yang meningkatkan jumlah yang ditawarkan pada tiap tingkat harga, seperti misalnya turunnya harga kayu, menggeser kurva penawaran ke kanan dan ini disebut peningkatan penawaran. Sebaliknya, setiap perubahan yang mengurangi jumlah barang yang ditawarkan pada suatu tingkat harga menggeser kurva penawaran ke kiri dan ini disebut penurunan penawaran.

Terdapat banyak variabel yang dapat menggeser kurva penawaran. Di antaranya adalah:

1. Harga Input. Untuk memproduksi pensil, penjual menggunakan berbagai macam input: kayu, karbon, mesin untuk membuat pensil, tenaga kerja, dll. Ketika harga dari satu atau lebih input ini naik, memproduksi pensil menjadi kurang menguntungkan, dan perusahaan menawarkan lebih sedikit pensil. Jika harga input naik tinggi sekali, perusahaan mungkin akan tutup dan tidak menawarkan pensil sama sekali. Kesimpulannya, penawaran dari suatu barang berhubungan negatif dengan harga dari input yang digunakan untuk membuat barang.

2. Teknologi. Teknologi untuk mengubah input menjadi pensil adalah penentu lainnya dari penawaran. Penemuan dari mesin pembuat pensil yang telah termekanisasi, contohnya, mengurangi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membuat pensil. Dengan mengurangi biaya perusahaan, perkembangan teknologi meningkatkan penawaran pensil.

3. Ekspektasi. Jumlah pensil yang perusahaan tawarkan hari ini mungkin tergantung pada ekspektasi dari masa depan. Contohnya, jika perusahaan berharap harga pensil akan naik di masa depan, perusahaan akan menyimpan produksinya sekarang ke dalam gudang dan akan menawarkan lebih sedikit ke pasar pada hari ini.

4. Jumlah Penjual. Penawaran di pasar tergantung pada semua faktor yang mempengaruhi penawaran dari penjual individu, seperti harga input yang digunakan untuk memproduksi barang, teknologi yang tersedia, dan ekspektasi. Satu hal lagi, penawaran dalam pasar tergantung dari jumlah penjual. Jika salah satu penjual pensil keluar dari bisnis pensil, penawaran dalam pasar akan turun.